3 Cara Menghemat Uangmu

3 Cara Menghemat Uangmu

February 13, 2019 0 By Andre Seth

Kita semua tahu bahwa menghemat uang itu sangat penting. Apalagi bagi yang pernah mengalami kejadian mendadak butuh uang untuk situasi yang darurat. Menghemat uang dan menabung menjadi salah satu jalan keluar termudah,tercepat dan paling bisa diandalkan.

Namun, di era digital ini berhemat bisa menjadi hal yang susah untuk dilakukan. Apalagi dengan berbagai promosi produk yang melintasi di depan kita. Baik itu waktu kita di jalan, browsing di dunia digital, menonton televisi, godaan akan berbelanja akan selalu menghantui hari-hari kita.

Lalu bagaimana sih cara untuk berhemat? Menurut Wendy De La Rosa seorang ilmuwan yang mempelajari tentang perilaku sosial. Menghemat uang tidak ada hubungannya dengan tingkat kecerdasan atau tingkat kekayaan seseorang bahkan tingkat semangatmu untuk berhemat.

Menurut beberapa studi yang dilakukannya, menghemat uang adalah masalah bagaimana kamu menjalani hidupmu. Sebagai contoh, kelompok A mendapatkan gaji seminggu sekali senilai 250 dollar dan Kelompok B mendapat gaji perbulan senilai 1000 dollar. Hasil dari penelitian itu menunjukkan kelompok A bisa menyisakan setidaknya 25 dollar per bulan. Dan kelompok B menghabiskan seluruh gajinya. Hayo, yang ngrasa ngaku.

Dalam penelitian tersebut, kelompok A dan B mendapatkan total nilai yang sama. Hanya saja, kelompok A menyadari kemampuannya untuk “memakai” uangnya sesuai kebutuhan karena mereka merasa penghasilannya “kecil” sehingga lebih punya pengendalian diri untuk menghemat pengeluarannya. Sedangkan kelompok B percaya penghasilan mereka besar, sehingga terkadang belum sampai tengah bulan, kondisi keuangan mereka sudah sekarat. Bener ga sih? Komen donk di kolom komentar

Yuk langsung saja ke 3 cara menghemat uang :

1. Percaya pada komitmenmu

Maksudnya? Kita mengidentifikasikan diri kita dalam 2 hal yang berbeda, yaitu kita yang sekarang dan kita di masa depan. Dan kita pasti membayangkan masa depan kita yang sempurna. Kita bisa nabung, komitmen untuk diet (ups) , bisa membeli mobil dan rumah. Sempurna kan? Namun hal yang seringkali kita lupa bahwa kita di masa depan yang sempurna itu dimulai dari kita yang sekarang.

Waktu yang tepat untuk berkomitmen menabung dan berhemat adalah saat kita menerima bonus dari perusahaan atau saat kita kebetulan dapat rejeki berlebih. Dari situ kita bisa memutuskan apakah rejeki yang berlebih itu akan kita pakai semuanya atau kita sisihkan sebagian untuk hal yang tak terduga di masa depan? jawabnya kamu sendiri yang menentukan. Karena menabung disaat kamu punya rejeki berlebih itu lebih mudah daripada menabung saat kondisi keuanganmu pas-pas an. Percaya pada komitmenmu untuk masa depanmu sendiri.

2. Fresh Start Effect

Yaitu suatu kondisi kita memiliki semangat yang lebih besar untuk memulai sesuatu untuk dapat mencapai yang paling kita inginkan. Misalnya, resolusi sesudah kita lulus kuliah. Pastinya semangat dalam menggapai apa yang kita cita citakan akan jauh lebih besar daripada waktu-waktu yang lain. Semangat ketika kita baru memulai sesuatu itu biasanya lebih besar. Gunakan semangat itu dan komitmen di dalamnya. Cukup 21 hari koq untuk dapat merubah keseharianmu, dan 90 hari untuk merubah gaya hidupmu. Jadi catat hal apa yang ingin kamu capai di ulang tahunmu tahun ini. Dan lakukan itu.

3. Kendalikan pengeluaran kecil sehari-hari

Terkadang karena kecilnya pengeluaran itu kita tidak begitu memperdulikannya. Pernah ngga sih, mencoba makanan yang baru, yang sedang happening. Dan berulang-ulang padahal rasanya biasa saja. Jika dihitung ulang, seberapa besar biaya untuk mencicipi makanan yang sedang happening itu? Apakah itu worth it? Atau saat kamu lagi banyak pikiran dan shopping kemana-mana. Okay, saat berbelanja pikiranmu sejenak teralihkan dan merasakan lebih bahagia. Tapi sampai dirumah? sama saja bukan. Bahkan cenderung menyesali karena limit kartu kreditmu sudah hampir habis.

Kendalikan dirimu sendiri dan komitmen di dalamnya. Dan mengalokasikan dana itu untuk menabung. Untuk siapa? Untuk dirimu sendiri di masa depan yang sempurna itu.

Conclusion

Semua cara ini tergantung ke dirimu sendiri. Seberapa besar keinginanmu untuk menyiapkan hari tua yang cerah dan bahagia. Karena tanpa komitmen yang kuat dari dirimu sendiri. Cara-cara ini hanyalah sekedar artikel di blog saya. Percayalah pada dirimu sendiri dan kendalikan itu.

Komentar Seko Facebook