Crowdfunding untuk Bisnismu

Crowdfunding untuk Bisnismu

December 9, 2018 0 By Andre Seth

Pernah dengar istilah crowdfunding? Mungkin sebagian kita yang berkecimpung di dunia bisnis dan permodalan sudah tentu paham dengan istilah ini. Bagaimana dengan kamu?

Menurut beberapa sumber yang saya baca. Crowdfunding bisa diartikan dengan mengumpulkan dana dari sejumlah besar orang ( crowd ). Biasanya sih nilainya tidak terlalu besar, agar banyak orang ikut berinvestasi ke dalamnya. Karena banyaknya orang yang menginvestasikan dananya, crowdfunding menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan bisnis ke tingkat selanjutnya.

Dan kebetulan hari ini diadakan seminar crowdfunding untuk bisnis di Hotel Neo Semarang. Sang penggagas adalah Koperasi Wahyu Global Cakrawala, dengan salah satu produk andalannya Callind dan beberapa produk lain yang kurang familiar. Ya mungkin karena belum disosialisasikan ke khalayak umum.

Callind

Sering pakai aplikasi buat chatting kan? Whatsapp? Pasti setiap hari dipakai. Nah, Callind itu adalah aplikasi chatting buatan asli anak Indonesia.

Dengan size 56 MB kita bisa download aplikasi Callind dari Google Playstore. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 500.000 ( Lima Ratus Ribu ) pengguna Android. Wow, cukup besar untuk aplikasi lokal yang notabene sering di anak tirikan di negeri kita sendiri. Hayo ngaku!!

Aplikasi asli buatan anak Kebumen ini memang belum sempurna dan masih butuh banyak pengembangan. Tapi, fitur-fitur dalam aplikasi ini cukup lengkap. Video Call, kirim File Foto, Video, semua sudah bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Dengan rating 4,3 di Google Playstore, aplikasi ini dapat terus berkembang. Dan semoga menjadi raja di negerinya sendiri.

Investasi StartUp

Pada seminar ini, kita bisa menjadi salah satu pemilik dari startup-startup lokal yang salah satunya adalah startup pembuat aplikasi Callind yaitu PT. Callind Citra Nusantara. Dengan menginvestasikan dana ke startup ini kita turut membantu pengembangan aplikasi anak negeri.

“Investasi? Kayaknya duit gede deh” celetuk salah seorang di sebelahku. Tidak juga, kita bisa menanamkan modal cukup dengan nominal Rp. 550.000,- ( Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah ). Dengan pembagian, Lima ratus ribu akan dijadikan simpanan ke Koperasi Wahyu Global Cakrawala yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan startup-startup lokal. Dan sisanya yaitu Lima Puluh Ribu sebagai keanggotaan dengan keuntungan, kita dapat mendapatkan berbagai pelatihan yang diselenggarakan Yayasan Ayober Cakrawala secara gratis. Mulai dari pelatihan wirausaha, leadership sampai pelatihan pembuatan aplikasi android.

Karya kita , untuk kita, dari kita

Tidak dapat dipungkiri, untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah startup membutuhkan dana yang tidak sedikit. Itulah mengapa mereka mengadakan crowdfunding dengan nilai hanya Rp.550.000,- Tertarik?

Dengan ikut membantu mengembangkan karya anak Indonesia. Karya-karya anak indonesia dapat bersaing dengan karya dari negera lain. Dengan ini pula kita menjadi bagian dari perjuangan anak bangsa yang ingin menjadi yang terdepan di negara kita sendiri.

Kalau bukan kita yang membantu lalu siapa lagi?

Komentar Seko Facebook