Era Digital, Selamat Datang

Era Digital, Selamat Datang

November 20, 2018 2 By Andre Seth

Ada yang masih nonton siaran televisi ? Atau masih sering baca koran, tabloid, majalah? Sepertinya sudah jarang yah seperti itu, kecuali kakek saya. Kamu sadar ga sih ? Gaya hidup masyarakat kita sekarang sudah berubah drastis. Sekarang semuanya serba online. Mau cari apapun pasti googling dlu. Cari referensi dari situs sana-sini. Begitu sudah dapat informasi yang diperlukan, tinggal transfer duitnya entah itu pakai mobile atau internet banking, dan voila! barangpun diantar oleh kurir sampai ke depan rumah. Dan semua itu dilakukan hanya dengan duduk sambil maen smartphone atau komputer. Gaya hidup seperti ini menyebar dengan sangat cepat. Dan mempengaruhi berbagai sektor. Mau belanja ? tinggal buka smartphone atau komputer. Mau dagangan laris ? buat website toko online. Mau melamar kerja di perusahaan besar ? buat blog portofolio. Hobi menulis ? Tinggal buat blog, curahkan apa yang kalian rasakan, simple kan. Dan semua ini hanya ada di era digital. Era dengan segala kemudahannya. Selamat datang di dalamnya.

Hidup di Dunia Digital

Era digital merubah semua pandangan tentang hidup. Dulu kita tidak akan menyangka kalau smartphone itu sangat penting. Begitu pentingnya sampai membuat gelisah. Pernah kan merasakan bagaimana rasanya menunggu balasan chat WA dari gebetan. Sambil bolak-balik buka smartphone dan ternyata yang ditungguin sudah tidur. Atau menyetel alarm di smartphone kamu agar besok bisa bangun pagi ? Walaupun menurut saya sendiri sih tidak ada yang bisa menggantikan teriakan emak kalau masalah alarm bangun pagi. Coba siapa yang ketika tidur jarak smartphone sama kamu kurang dari 2 meter ? Jawabnya saya dan sebagian besar kalian yang baca tulisan saya. Dan yang paling penting, tolong jangan jadikan smartphone sebagai teman tidur kalian. Itu berbahaya, bisa menurunkan jumlah populasi manusia. You know what i mean isn’t it ?

Dunia digital sangat erat kaitannya dengan website. Lalu apa sih itu website ? Website adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan ( biasa sebut homepage ) menggunakan sebuah browser. Masih bingung ? Bayangkan saja anda membaca koran atau majalah. Nah, halaman depan itu yang disebut homepage dan halaman yang lainnya itu halaman web.

Hidup di Dunia Digital

Pentingnya Website

Lalu kenapa sih di era digital ini website begitu penting ? Karena semua informasi di era digital ini sekarang sudah terangkum dalam website. Tinggal akses internet saja, cari website yang berhubungan dengan informasi yang kamu cari. Selesai sudah, cepat dan efisien.

Bayangkan kamu punya usaha sablon kaos di rumah. Apakah anda akan membuat iklan untuk memperkenalkan produk kamu di surat kabar ? Iklan televisi ? atau billboard di pinggir jalan ? Pasti tidak, kecuali modal kamu sudah mencapai hitungan miliaran Rupiah.

Nah beda lagi kalau kamu beriklan di internet. Itu jatuhnya murah pake banget. Dan dengan beriklan di internet pelanggan mu jadi mudah untuk mencari informasi mengenai produk yang kamu jual. Baik warna, ukuran sampai ke brapa stok yang kamu punya. Karena biasanya pelanggan akan mencari informasi dulu lewat website kamu baru mereka akan datang ke toko atau malah hanya transfer saja, dan barang bisa kamu kirim ke pelanggan.

Atau kamu ingin membuat website sebagai tempat kamu menuangkan ide dan kreatifitas kamu. Daripada kamu hanya menulis di kertas yang nantinya kena rayap rusak , kena air luntur. Lebih baik salurkan kreatifitas kamu lewat website. Selain lebih aman, kalau ide dan kreatifitas kamu disukai banyak orang. Itu juga akan menghasilkan uang tambahan dengan cara memasang iklan di website kamu. Menarik kan ?

Membuat Website

Nah, kalau sudah tertarik kan pertanyaan selanjutnya tinggal. Bagaimana sih cara membuat website ? Cara membuat website sekarang lebih gampang daripada belasan tahun yang lalu. Kamu cukup bermodalkan niat untuk belajar. Sudah itu saja. Pelajari pelan – pelan langkahnya. Saya tidak akan membahas terlalu ke arah teknis. Nanti kamu mengantuk baca tulisan saya. Tinggal klik link yang ada di atas itu. Karena DomaiNesia sudah merangkumnya dengan petunjuk yang mudah dimengerti untuk kamu.

Pada intinya sudah banyak tutorial yang ada di internet. Karena membuat website di jaman now ini kamu sudah tidak diwajibkan mengerti dan memahami bahasa pemrograman. Ya seperti saya ini. Website saya pun teman saya yang membuatkan. Saya tinggal menulis dan belajar pelan-pelan serta beradaptasi dengan istilah-istilah dunia pemrograman. Itulah gunanya punya teman. Kita bisa saling membantu. Kalau kamu tidak paham, tanyalah kepada yang paham. Dan jangan lupa, niatkan dirimu untuk mau belajar. Saya ingatkan lagi itu yang paling penting. Nah jadi sudah tidak ada alasan lagi kan untuk bilang membuat website itu sulit dan rumit.

Mainkan Imajinasimu

Mainkan Imajinasimu

Kalau sudah jadi websitenya. Pasti penasaran kan, kenapa halaman muka nya jelek. Alias tidak sesuai harapan. Iya itu wajar, karena saya juga mengalaminya. Banyak-banyaklah belajar mencoba berbagai tema. Mainkan imajinasi kamu. Sesuaikan dengan konsep awal kamu membuat website itu untuk apa. Kalau kamu membuat website dengan konten-konten menyeramkan. Sesuaikanlah warna dan tema nya. Hiasi juga dengan gambar-gambar atau foto. Semakin original gambar atau foto yang kamu tampilkan. Semakin unik pula website yang kamu buat.

Nah website sudah jadi. Langkah selanjutnya apa nih ? Ya tinggal kamu pamerin ke mantan lah. Ini loh aku uda bisa buat website sendiri. Sebarkan website kamu lewat media sosial yang kamu pakai. Bisa facebook, bisa instagram. Bisa juga kamu bagikan ke grup arisan keluarga di whatsapp Group kamu, atau ke grup alumni sekolah tempat mantan membuangmu dulu. Sambil membayangkan, nah kamu nyesel kan buang aku dulu. Juga pastikan teman-teman seperjuangan kamu palak supaya buka website kamu setiap hari. Ya memang harus begitu. Karena teman kan saling berbagi. Iya nggak ?

Semangat Digital

Sekarang website sudah jadi, teman – teman seperjuangan juga sudah meramaikan website kamu. Syukur-syukur mantan jadi nyesel dulu pernah mutusin kamu. Karena sekarang kamu keren sudah bisa buat website dan berbagi dengan dunia. Jualan di rumah sudah mulai ramai karena produk kamu sudah dikenal luas berkat website yang kamu buat. Atau bahkan sudah ada investor yang mau menanamkan modalnya ke produk yang kamu buat.  Atau karena tulisan-tulisan kamu, kamu jadi banyak menginspirasi orang-orang yang membacanya. Dan diminta untuk lebih banyak menulis. Ini sudah banyak terjadi lho. Dan ini real, bukan hanya imajinasi belaka.

Teruslah bersemangat untuk menuangkan kreatifitas kamu untuk negeri ini. Buat orang-orang di sekitar kamu jadi gemar membaca. Pekerjakan tetangga – tetangga di kampung untuk bisa bekerja di toko online kamu. Tulis dan berbuatlah sesuatu dengan kreasi dan imajinasi kamu. Dan sampaikan kepada dunia. Ini loh Indonesia.

Komentar Seko Facebook