Media Sosial Sang Pengrajin

Media Sosial Sang Pengrajin

November 9, 2018 2 By Andre Seth

“The measure of intelligence is the ability to change” ~Albert Einstein

Perubahan untuk menyesuaikan diri ini pun sering disebut dengan Adaptasi. Menurut kamus besar bahasa indonesia Adaptasi adalah penyesuaian terhadap lingkungan, pekerjaan, dan pelajaran. Pada era perkembangan teknologi yang cepat inipun para pengrajin atau bisa disebut para pelaku di industri kreatif dituntut untuk dapat berubah dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi, sehingga mereka mampu untuk menjangkau pasar yang lebih luas baik secara lokal maupun global. Karena hanya dengan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi inilah para pekerja di bidang kreatif mampu bersaing dan menawarkan produk yang mereka hasilkan ke lebih banyak orang dan Itupun berbanding lurus dengan hasil yang akan mereka dapatkan.

Media sosial sebagai salah satu bentuk kemajuan teknologi, memberi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan industri kreatif. Dengan menggunakan media sosial, para pelaku industri kreatif mampu memamerkan dan menjual apa yang mereka hasilkan dengan lebih efektif dan efisien. Apalagi bagi yang masih berskala kecil, dan bermodal pas-pasan. Media sosial sangat membantu mereka untuk dapat memasarkan produknya ke lingkup yang lebih luas.

Tidak hanya di bidang pemasaran saja, media sosial juga berfungsi sebagai bahan perbandingan antar produk, kualitas produk dan bisa merangsang ide kreatif. Dengan adanya media sosial maka para pelaku industri kreatif akan berlomba-lomba untuk dapat memenuhi standar yang diinginkan oleh pasar, sehingga hasil produksi mereka memiliki nilai jual yang jauh lebih besar karena sesuai dengan yang pasar inginkan.

Disinilah peran pemerintah sangat dinanti, bukan hanya permasalahan modal materiil saja, namun juga edukasi dan bimbingan kepada pelaku industri kreatif sampai mereka paham betul apa yang harus dilakukan dalam menghadapi masalah-masalah dari proses produksi sampai pemasaran. Karena tanpa itu semua, masyarakat kita hanya dapat membuat sesuatu tanpa dapat memasarkannya secara optimal.

Semoga Indonesiaku mampu memenangkan persaingan secara positif dalam kompetisi global di bidang kreatif. Untuk dapat mewujudkan sila ke lima Pancasila yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”

Komentar Seko Facebook