Penerbangan Murah Tapi Bagasi Mahal, Ini solusinya

Penerbangan Murah Tapi Bagasi Mahal, Ini solusinya

January 11, 2019 0 By Andre Seth

Awal tahun 2019 menjadi awal tahun yang penuh dengan mimpi buruk buat para penikmat layanan penerbangan yang biasa membawa barang-barang yang banyak ke dalam bagasi pesawat. Bagaimana tidak, penerbangan murah yang biasanya menggratiskan biaya bagasinya kini mulai memasukkan opsi bagasi berbayar pada penerbangannya.

Walaupun sampai dengan hari ini masih dilakukan sosialisasi dan belum secara resmi diberlakukan. Hal ini membuat para pemakai jasa penerbangan murah menjadi tidak tenang.

Jangan panik dulu, berikut saya berikan tips untuk mensiasati hal ini,

1. Hindari membawa barang yang berlebihan

Hal ini seringkali dilakukan oleh para ibu yang ingin semuanya berjalan mulus, tanpa hambatan. Hampir semuanya ada “spare” atau cadangannya. Jadi mulai sekarang, bawa saja barang yang memang benar-benar diperlukan. Termasuk oleh-oleh, jangan satu kampung disiapkan oleh-olehnya kalau memang budget bagasimu terbatas.

2. Optimalkan Penyimpanan Kabin

Walaupun diperbolehkan membawa barang ke dalam kabin dengan maksimal berat 7kg (yang seringkali tidak ditimbang untuk penerbangan domestik) terkadang cara melipat atau memasukkan barang tersebut kurang maksimal sehingga malah membuat barang bawaan kita terlihat besar. Daripada melipat baju, cobalah menggulungnya untuk menghemat ruang.

3. Pantau terus informasi mengenai promo maskapai

Bagaimanapun, untuk tetap memastikan maskapan tidak ditinggalkan penumpangnya (karena kebijakan bagasi ini) pasti mereka akan memberikan promo untuk memperingan biaya. Terus pantau website atau media sosial resmi maskapai tersebut. Atau kalau memang mau lebih hemat lagi. Bergabunglah menjadi member di maskapai tersebut. Contohnya citilink yang memberikan gratis bagasi 10kg khusus untuk membernya.

4. Pertimbangkan Jasa Ekspedisi

Alih-alih membawanya ke dalam bagasi pesawat. Dan repot dengan cara membawanya. Coba hitung ulang biaya bagasi dengan ekspedisi yang paling kamu percaya. Jika biaya nya lebih murah memakai ekspedisi kenapa tidak. Walaupun memang untuk waktu sampainya lebih lama dibandingkan dengan membawanya sendiri.

Bagaimana solusi-solusinya? masih dirasa kurang? barang bawaannya masih banyak dan berat? Kalau begitu, buruan berangkat sebelum peraturan ini berlaku efektif atau silahkan ganti moda transportasi ke yang lain. Bisa memakai kapal laut atau kereta api kalau masih di pulau jawa. Be Wise and enjoy your travel.

Komentar Seko Facebook